Header Ads

Pemrograman Basic - 08. Menggunakan Data

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak menutup kemungkinan bahwa kita sering kali berurusan dengan berbagai jenis informasi dan data. Misalnya, kita harus menangani data seperti nama-nama, mata uang, nomor telepon, alamat-alamat, tanggal, stok dan banyak lagi lainnya. Sama halnya dalam Visual Studio 2015, kita juga perlu berurusan dengan berbagai jenis data pendek, beberapa diantaranya bisa seperti perhitungan matematika sedangkan yang lainnya  dalam bentuk teks atau dengan kata lain dalam bentuk bukan-penomoran (non-numeric form). Pada Visual Studio 2015, data bisa disimpan sebagai variabel, konstanta atau array. Nilai dari data yang disimpan sebagai variabel selalu berubah-ubah, sama seperti isi dalam sebuah kotak surat, atau tempat peyimpanan selama nilai dari konstanta menghasilkan keluaran yang sama. Kita akan belajar menggunakan variabel, konstanta dan array dalam kesempatan yang lain.

8.1 Jenis Data Pada Visual Studio 2015

Visual Studio 2015 mengelompokkan informasi dalam dua kelompok utama jenis data, yaitu jenis data numerik dan jenis data non-numerik.

8.1.1 Jenis Data Numerik

 Dalam Visual Studio 2015, jenis data numerik adalah jenis data yang terdiri dari angka-angka yang bisa dikalkulasi secara matematis menggunakan berbagai operator standar aritmatika seperti penjumlahan, pembagian, perkalian, pengurangan dan lainnya. Contoh dari jenis data numerik adalah tanda pemeriksaan, berat, berat badan, jumlah siswa dalam sebuah kelas, nilai bagi, harga barang, tagihan bulanan, diskon, dan banyak lagi yang lain. Pada Visual Studio 2015, data numerik  ditentukan dalam 7 jenis berdasarkan pada batas dari nilai yang mampu ditangani.


No comments:

Powered by Blogger.