Header Ads

Pemrograman Basic - 02. Customizing-Form

Langkah pertama dalam mengembangkan aplikasi dalam lingkungan Visual Studio 2015 adalah membuat interaksi grafis pengguna (GUI/Graphical User Interface). Untuk membuat sebuah interaksi grafis, tambahkan kontrol form  melalui toolbox pada form anda kemudian customize nilai propertynya. harap diperhatikan bahwa form defaultnya juga bisa dikendalikan dirinya sendiri dan anda bisa mengubah propertynya sebelum menambahkan control tambahan. Setelah menambahkan control kedalam form, kemudian anda bisa menulis kode program untuk semua control sehingga mereka bisa merespon setiap event (kejadian) yang dipicu oleh aksi pengguna seperti dengan mengklik mouse. Untuk itu, Visual Studio 2015 juga disebut sebagai bahasa pemrograman event-driven. Kita akan mengulas tentang konsep pemrograman event-drive dan pengkodingan di materi yang lain.

2.1 Meng-Customize properties dari Form Standar menggunakan jendela Properties

ketika pertama kali anda menjalankan project Visual Studio 2015 baru, IDE akan menampilkan form standar disertai dengan jendela Solution Explorer dan jendela Properties disisi kanan, seperti yang ada pada gambar dibawah.

ide-vs2015

Mengganti properties ini bisa dilakukan melalui jendela propertie atau mengubahnya saat dijalankan, atau istilahnya adalah Run-Time. yuk lihat bagaimana cara mengubah nilai properti ini melalui videonya dibawah ini.

No comments:

Powered by Blogger.