Header Ads

Pemrograman Basic - 04. Menulis Kode Program


 Pada materi sebelumnya, kita sudah belajar bagaimana mendesain sebuah interaksi pengguna dengan menambahkan control kedalam form dan mengubah propertiesnya. Namun, control yang ada yang ada pada interaksi pengguna secara mandiri tidak akan bekerja tanpa menambahkan coding kepadanya. Pada materi inim kita akan belajar bagaimana menulis code Visual Studio 2015 untuk semua control sehingga control-control tersebut bisa berinteraksi dengan event yang dipicu oleh user. sebelum belajar bagaimana menulis code Visual Stusdio 2015, mari kita matangkan lebih dalam lagi tentang konsep event-driven programming.

4.1 Konsep event-driven Programming
Visual Studio 2015 adalah bahasa pemrograman event driven karena kita harus menulis code untuk merespon kejadian/event yang dipicu secara acak oleh pengguna melalui control yang ada pada form. Event tersebut tidak berjalan dalam urutan tertentu. Event ini biasanya terjadi namun tidak hanya terbatas dari masukan user. Beberapa event ini adalah Load, Click, Couble Click, Drag and Drop, Menekan tombol dan banyak lagi lainnya.

Setiap form dan setiap control yang anda tempatkan kedalam form memiliki event yang sesuai dengen objeknya. Untuk bisa melihat event, lihat pada tab Event yang ada disebelah jendela Properties atau Tab yang berlogo Petir.

Untuk lebih jelasnya mari simak video yang ada dibawah.

4.2 Menulis Code
Untuk mulai menulis code pada Visual Studio 2015, klik pada bagian manapun dari form untuk masuk kedalam jendela code seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah. Ini adalah struktur dari sebuah prosedur event. Dalam kasus ini, prosedur event adalah Load Form1 dan dimulai dengan Private Sub kemudian diakhiri dengan End Sub. Prosedur ini termasuk Class Form 1 dan event Load, dan keduanya diikat bersama dengan tanda garis bawah, contoh. Form_Load.

code-window

 Untuk lebih jelasnya yuk simak video dibawah ini.

Pemrograman Basic - 04. Menulis Kode Program


No comments:

Powered by Blogger.