Header Ads

Pemrograman Basic - 03. Menambahkan Control Kedalam Form

Pada pembelajaran sebelumnya, kita sudah belajar bagaimana membangun sebuah interaksi didalam Visual Studio 2015 dengan mencustomize form defaultnya. Pada pelajaran kali ini, kita lanjutkan dengan membangun sebuah interaksi dengan menambahkan control kedalam form. Terdapat banyak sekali control yang bisa ditambahkan kedalam form. Diantaranya adalah, button control yang paling sering digunakan, label, textbox, listbox, combobox, picture box, check box, radio dan banyak lagi lainnya. Control bisa dibuat tidak terlihat atau terlihat saat dijalankan (run-time). Namun, beberapa control hanya akan berjalan dibelakang layar dan tidak bisa terlihat saat dijalankan, seperti control timer.

3.1 Memposisikan Toolbox
Toolbox biasanya dalam posisi docked (menempel) disisi bawah kanan dari IDE Visual Studio 2015. Jika toolbox tersembunyi ketika anda pertama menjalankan Visual Studio 2015, anda bisa mengklik View pada menubar dan kemudian memilih ToolBox untuk memunculkan toolbox. seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah. anda juga bisa menggunakan tombol cepat Ctrl+Alt+X untuk memunculkan toolbox.

toolbox

anda bisa mengubah posisi toolbox dimanapun dengan cara menyeretnya selama statusnya dalam keadaan mengambang (Float). anda juga bisa menempelkannya dengan memilih menu dock pada menu pop-up diatasnya.

Untuk materi lebih jelasnya, mari kita ikuti materi yang diberikan didalam video berikut ini.

Pemrograman Basic - 03. Menambahkan Control Kedalam Form


No comments:

Powered by Blogger.