Header Ads

Tutorial Dasar Arduino LED Berkedip (Blink)

Tutorial Blink LED ini adalah project pembelajaran dasar dalam penggunaan Arduino, bahan yang digunakan juga mudah dan tidak banyak. Hanya menggunakan board Arduino dan Lampu LED untuk mempraktekkannya. Yuk simak penjelasannya.

Pertama, siapkan Board Arduino anda. Pada contoh ini saya menggunakan board Arduino Mega 2560. Anda bisa menggunakan board Arduino yang lain seperti Arduino Uno yang memang banyak ditemukan dipasaran. Namun disarankan anda menggunakan board Arduino Uno saja agar anda bisa mempraktekkan banyak project yang sekarang bertebaran di internet.

arduino-mega

Board Arduino Mega 2560



Kedua, siapkan lampu LED, lampu ini mudah didapat di semua toko-toko elektronik di daerah anda. Bahkan toko elektronik depan gang rumah saya juga ada lho....

Lampu LED

Circuit yang digunakan adalah sebagai berikut:

arduino+LED

Arduino Uno dan LED


Langkah-langkah:
 Pasang LED pada lubang pin Arduino dimana kaki (-) LED ditancapkan pada lubang pin GND sedangkan kaki (+) LED dipasang pada lubang pin 13. Bila LED sudah terpasang pada Board Arduino. tancapkan Kabel USB dari komputer ke Board Arduino anda. dan buka IDE program Arduiino. Lalu isikan kode seperti berikut.

// Fungsi setup akan dijalankan sekali ketika anda menekan tombol reset atau tombol power board
void setup() {
  // mengenali pin 13 sebagai.
  pinMode(13, OUTPUT);
}

// fungsi loop akan berjalan berulang-ulang selama board menyala
void loop() {
  digitalWrite(13, HIGH);   // mengubah status LED menyala (HIGH adalah tingkatan nilai voltase)
  delay(1000);              // menunggu selama satu detik
  digitalWrite(13, LOW);    // mengubah status LED meti dengan menurunkan nilai voltase menjadi LOW
  delay(1000);              // menunggu selama satu detik
}

Tampilan pada IDE Program Arduino:

blink-code

Setelah menuliskan kode program pada IDE, jangan lupa klik tombol Verify, untuk memastikan tidak ada kesalahan pada kode. Jika sudah tidak ada kesalahan, anda bisa menlanjutkannya dengan mengupload kode kedalam board Arduinonya.

Jika Status upload berhasil, maka kode program Blink akan dijalankan oleh Board Arduino. yaitu mengubah status LED menjadi menyala selama 1 detik dan kemudian mati selama 1 detik. anda bisa mengubah lama mati dan hidupnya LED menyala dengan mengubah nilai (angka) pada fungsi "delay".

Video Tutorialnya silahkan disimak:

No comments:

Powered by Blogger.