Header Ads

Pengenalan

Meskipun sudah umum, tetapi bagi anda yg baru ingin mengetahui apa itu Aduino mungkin penjelasan berikut ini bisa membuka pemahaman tentang apa itu Arduino sebenarnya. Arduino adalah sepasang perangkat (hardware dan software) yang bekerja bersama-sama. Untuk hardwarenya Arduino berupa papan yang terdiri dari chip microcontroller dan interfacenya. Sedangkan untuk softwarenya berupa Interface Development Environment (cukup disingkat IDE) yang digunakan untuk menulis program dan meng-uploadnya kedalam papan Arduino. itu sendiri.

Papan Arduino Mega 2560 Series
Hardware
Papan Arduino terdapat banyak jenis seperti misalnya Arduino UNO, Arduino, Leonardo, Arduino Duemilanove, Arduino Nano, Arduino Mega SDK, Arduino Mega 2560 dan yang terbaru ada Arduino Industrial 101, Arduino Tian, Arduino Star OTTO, Arduino Primo. Masih banyak seri board Arduino lainnya yang belum saya sebutkan. Papan Arduino dibuat berdasarkan kebutuhan pada penggunaannya dan menekan harga jual yang semurah mungkin. Contohnya, jika anda ingin membangun sebuah project yang sederhana dan tidak memerlukan processor yang terlalu besar dan tetap mengedepankan efisiensi biaya, anda bisa menggunakan papan/board Arduino NANO atau Arduino YUN MINI yang memiliki bentuk yang sangat kecil menyerupai sebuah flashdisk anda.

Arduino NANO

Arduino YUN MINI
Pada papan Arduino selalu dilengkapi dengan interface FTDI-USB-to-TTL-serial-chips. Interface ini digunakan untuk komunikasi antar perangkat, baik itu Arduino dengan PC, Arduino dengan Arduino atau Arduino dengan perangkat elektronik yang lain. Pada dasarnya papan Arduino dilengkapi dengan interface TX (transmitter) dan RX (receiver) untuk data serial.

Software
Software Arduino berupa IDE yang bisa anda download di sini. Anda harus mendoanload program yang disesuaikan dengan janis sistem operasi anda. Misalkan anda menggunakan Sistem Operasi Windows anda bisa memilih Windows Installer ini. Karena itu, anda harus pastikan jenis sistem operasi apa yang anda gunakan dulu. Jika anda sudah memastikan jenis sistem operasi anda, anda bisa mendownload jenis software Arduino yang bisa anda gunakan. Versi terbaru saat tulisan ini dibuat adalah versi 1.8.1. Anda harus memastikan software yang anda gunakan adalah versi terbaru. Karena versi terbaru biasanya sudah mendapatkan penyempurnaan pada software versi sebelumnya.

Software ini terdiri dari beberapa bagian antara lain teks editor untuk menulis code, area pesan, konsol teks, sebuah toolbar dengan tombol dengan fungsi penggunaan umum, dan beberapa menu. Software ini harus terhubung dengan papan Arduino untuk mengupload program dan berkomunikasi dengannya.

Tampilan Awal Software IDE Arduino

Software yang ditulis menggunakan Arduino IDE disebut dengan sketches. Sketches ini ditulis dalam teks editor. Sketch disimpan dengan ekstensi .ino. Software ini memiliki fitur copy/cut/paste, mencari dan menimpa (serach and replacing) teks. Pada area pesan akan menampilkan umpan balik ketika menyimpan mengeksport dan juga akan menampilkan pesan kesalahan. Pada bagian konsol akan menampilkan teks keluaran lingkungan Arduino termasuk pesan kesalahan dan informasi lainnya. Pada bagian pojok bawah kanan jendela menampilkan jenis papan yang terpasang dan koneksi serial port yang digunakan. Tombol Toolbar memungkinkan anda untuk memverifikasi dan mengupload program, membuat, membuka, menyimpan skecth, dan membuka serial monitor. Tombol-tombol toolbar ini saya deskripsikan dalam daftar berikut ini:

Verify
Memeriksa kesalahan pada code anda.

Upload Meng-Compile code anda dan meng-uploadnya kedalam board memalui I/O Arduino.
Catatan: Jika anda menggunakan sebuah external programmer, anda bisa menekan dan menahan tombol "shift" pada komputer anda ketika menggunakan icon ini. Teks akan berubah menjadi "Upload using Programmer".

New
Membuat sketch baru.
Open
Menampilkan sebuah menu untuk membuka semua sketch yang ada didalam sketchbook anda. Meng-Klik salah satu akan membukanya pada jendela yang sedang aktif sekarang.
Catatan: Karena permasalhan pada Java, menu unu tidak bisa men-scroll daftar; jika anda ingin membuka sebuah sketch yang ada didalam daftar, gunakan menu pengganti File | Sketchbook.
Save
Menyimpan sketch anda.
Serial Monitor
Membuka serial monitor.

 Demikian sedikit Artikel penjelasan saya tentang pengenalan Arduino ini. Untuk artikel yang lain akan disambung pada halaman yang lain. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Powered by Blogger.